Artikel

Bedah Desa Satra

03 Desember 2019 11:47:48  Administrator  136 Kali Dibaca  Berita Desa

Program Bedah Desa Bupati Klungkung dilaksanakan di Desa Satra Selasa (3/12/2019). Kali ini Program yang diciptakan Bupati Suwirta ini untuk mengetahui masalah dan menggali potensi yang ada di masing-masing desa. Turut mendampingi Bupati Suwirta, Ketua TP PKK Kabupaten Klungkung, anak Bapak Suwirta, Sekretaris Daerah Kabupaten Klungkung I Gede Putu Winastra bersama Kepala OPD dilingkungkan Pemkab Klungkung serta perangkat desa dinas maupun adat dimasing-masing wilayah.

Dalam kesempatan itu, Bupati Suwirta kembali melakukan tindakan Deskresi ketika melakukan Bedah Desa di Desa Satra, pada saat melakukan kegiatan Bedah Desa Bupati Suwirta mendapati Remaja yatim piatu yang termasuk KK Miskin, bernama Kadek Arini Danawati (17) yang menjadi tulang punggung keluarga dimana remaja ini harus bekerja di salah satu supermarket di Kabupaten Klungkung untuk membiayai dirinya, adiknya yang masih bersekolah disalah satu sekolah di Kabupaten Klungkung dan untuk kehidupan sehari-hari. Bupati Suwirta menyatakan tindakan deskresi ini dilakukan karena remaja Arini berstatus yatim piatu, dan diusia yang masih muda masih harus berperan sebagai kepala keluarga. Tindakan deksresi yang dilakukan adalah berupa memasukan Arini sebagai KK miskin. Ketika mengetahui hal tersebut, Bupati Suwirta mengajak para Kepala Dinas pemkab Klungkung untuk menyumbangkan dana sukarela yang langsung diberikan kepada Kadek Arini.


Dalam melakukan bedah Desa di Satra Bupati Suwirta juga mengunjungi beberapa masyarakat lansia, diantaranya Wayan Renti (90 ), Dewa Putu Alit dan Desak Nyoman Mija (78),  Desak Made Lukir, Dewa A. Made Pudet (78), dan masyarakat disabilitas Kadek Budiawan (21) dan Ni Komang Oktavia Rahayu (14), serta warga yang kurang mampu dan menderita sakit prostat Nyoman Jiwi (67).

Bupati Suwirta mengingatkan kepada perangkat Desa adat dan dinas pada saat usai mengadakan Bedah Desa supaya data penerima bantuan dapat disinkronisasikan agar dalam memberikan bantuan dapat diterima secara merata. Terkait Kesehatan masyarakat, Bupati Suwirta meminta Dinas Kesehatan kabupaten Klungkung untuk mulai mengoperasikan inovasi DORKESMAS (Datangi Obati Rawat Kesehatan Masyarakat) dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat yang membutuhkan dan membuat laporan mengenai pelayanan kesehatan yang diberikan. Bupati Suwirta memerintahkan Dinas Ketenagakerjaan untuk memberikan pelatihan serta peralatan kerja bagi masyarakat KK Miskin yang memiliki ketrampilan, dengan harapan melalui pemberian pelatihan dan peralatan kerja mereka dapat mengubah perekonomian keluarganya.

Bupati Suwirta juga meminta kepada dinas terkait agar apa yang sudah ditetapkan Bupati Suwirta ketika melakukan Program Bedah Desa agar segera dilaksanakan, tidak perlu ada verifikasi lagi. Dalam Melakukan Bedah Desa Desa Satra rombongan Bupati Suwirta juga mengunjungi Sekolah TK dan SD, Kantor Desa, Puskesmas, saluran irigasi, serta warga yang memiliki usaha hidroponik.

 

Unduh Lampiran:
Bedah Desa Satra

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Pengaduan Online

 Peta Desa

 Statistik

 Aparatur Desa

 Sinergi Program

Prodeskel Pajak Online

 Media Sosial

 Agenda

Belum ada agenda

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:55
    Kemarin:33
    Total Pengunjung:599.829
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.239.76.25
    Browser:Tidak ditemukan

 Komentar