Artikel

Ibu-Ibu PKK Desa Satra Mengikuti Lomba Senam Osteoporosis Dalam Rangka Menyambut Hari Ibu

13 Desember 2019 12:50:52  Administrator  32 Kali Dibaca  Berita Desa

Dalam rangka memeriahkan Hari Ibu ke-91 pada tanggal 22 Desember 2019, Pemerintah Kabupaten Klungkung melalui Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak menggelar lomba senam Osteoporosis di Balai Budaya Ida Dewa Agung Istri Kanya, Jumat 13 Desember 2019. Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta di dampingi Ny. Ayu Suwirta turut hadir menyaksikan lomba serta memberikan semangat kepada ratusan peserta yang merupakan ibu ibu anggota Tim Penggerak PKK Desa se-Kecamatan Klungkung Daratan.

Osteoporosis adalah keadaan dimana kepadatan tulang mulai berkurang dan disertai kerusakan mikroarsitektur tulang, sehingga tulang akan menjadi rapuh dan mudah patah. Umumnya menyerang kaum perempuan.

Faktor risiko penyebab osteoporosis adalah :

  • Hormonal
  • Asupan makanan
  • Olah raga
  • Gaya hidup

Osteoporosis dapat dicegah dan diobati dengan berbagai cara. Salah satunya adalah dengan latihan fisik/ senam osteporosis. Latihan fisik yang baik, benar, terukur, dan teratur dapat mengurangi risiko patah tulang serta memelihara dan meningkatkan kebugaran jantung, paru, kekuatan otot, kelenturan, dan lain-lain.

Senam Osteoporosis terdiri dari :

  • Pemanasan dan peregangan.
  • Latihan inti : aerobik, latihan beban, latihan keseimbangan.
  • Pendinginan dan peregangan.

Senam Osteoporosis merupakan gabungan beberapa latihan dengan berbagai manfaat seperti aerobic low impact yang berguna untuk meningkatkan kebugaran jantung dan paru, weight bearing exercise untuk meningkatkan kepadatan tulang, resistensi untuk meningkatkan kekuatan otot dan kepadatan tulang, serta koordinasi dan keseimbangan yang bermanfaat untuk mengurangi risiko jatuh dan patah tulang.

Yang harus diperhatikan sebelum melakukan senam osteoporosis adalah :

  • Pemeriksaan riwayat penyakit, riwayat cedera.
  • Tingkat aktivitas fisik.
  • Tes kardiovaskular, seperti tekanan darah tinggi atau riwayat penyakit jantung disarankan untuk tidak mengikuti beberapa gerakan serta tidak menggunakan alat.
  • Keseimbangan dan kekuatan otot.

Lomba berlangsung meriah berkat teriakan dukungan dari masing masing suporter. Lomba Senam Osteoporosis yang baru pertama kali digelar ini diikuti sebanyak 22 peserta dimana masing masing grup peserta berjumlah 10 orang. Dengan Dewan Juri 3 orang yang berasal dari para instruktur Senam Osteoporosis Provinsi Bali. Hadiah untuk para pemenang berupa piala, uang dan piagam. Kriteria penilaian mulai dari teknik gerakan, kekompakan, penampilan dan ekspresi.

Usai lomba diselingi dengan senam Sat Kerthi Loka Bali oleh seluruh peserta. Setelah itu Dewan Juri lanjut mengumumkan hasil lomba, Juara I dengan nilai 1255 dimenangkan oleh peserta nomor 10 yakni PKK Desa Gelgel Kecamatan Klungkung, Juara II dengan nilai 1215 diraih oleh peserta nomor 14 yakni PKK Desa Besan Kecamatan Dawan serta Juara III dengan nilai 1210 diraih peserta nomor 12 yakni PKK Desa Kamasan. Walaupun PKK Desa Satra tidak meraih juara tetapi mereka tetap kompak serta gembira menyambut hari Ibu dan memperoleh bikisan hadiah undian dari sponsor acara.

Dalam pidatonya Bupati Suwirta mengucapkan selamat kepada seluruh pemenang. Dirinya juga menyampaikan apresiasi atas semangat seluruh peserta dalam mengikuti perlombaan serta menyampaikan terima kasih kepada para perbekel sejumlah desa yang sudah turut mendampingi para peserta hingga lomba usai. Pihaknya berharap lomba seperti ini akan bisa terus digelar setiap tahunnya dengan hadiah yang lebih menarik.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


 Pengaduan Online

 Peta Desa

 Statistik

 Aparatur Desa

 Sinergi Program

Prodeskel Pajak Online

 Media Sosial

 Agenda

Belum ada agenda

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:84
    Kemarin:452
    Total Pengunjung:534.894
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:192.168.10.4
    Browser:Tidak ditemukan

 Komentar