Artikel

Arti Lambang Desa

31 Maret 2013 21:31:04  Administrator  165 Kali Dibaca 

Berikut Ini Arti dari Lambang Desa Satra :

 

1. Segi Lima : Berdasarkan Pancasila (kehidupan masyarakat desa Satra berpedoman pada nilai-nilai yang terkandung pada Pancasila).

2. Padi-Kapas : Simbol dari kemakmuran/kesejahteraan (berusaha mewujudkan kemakmuran/kesejahteraan hidup masyarakat desa).

3. Sepasang Candi Bentar : Desa Satra terbentuk oleh 2 banjar dinas (Kawan dan Kangin).

4. Empat buah rantai saling terikat : Desa Satra terbentuk juga oleh 4 banjar adat yang terjalin menjadi satu kesatuan yang erat (Kangin, Kelod, Kawan, dan Kaler).

5. Lumbung : Bahwasannya kehidupan warga masyarakat Desa Satra sebagian besar bermata pencaharian sebagai petani.

6. Aksara "Ongkara" dikelilingi sinar keemasan : Bahwasannya masyarakat Desa Satra selalu menjaga keajegan dan kesucian dari nilai-nilai yang terkandung dalam ajaran adat budaya dan agama hindu.

7. Keris warna keemasan : Kita/masyarakat mempunyai satu kesatuan tekad untuk membangun desa demi tercapainya satu tujuan yaitu kehidupan masyarakat desa yang lebih baik dan maju.

8. Tiga anak tangga : Kehidupan warga masyarakat desa Satra senantiasa dilandasi oleh ajaran Tri Hita Karana.

9. Aliran air : Dalam mewujudkan dan menjalankan visi dan misi selalu selaras dengan aturan-aturan yang sudah ditetapkan dari atasan/pemerintah.

10. Pita warna putih bertuliskan nama desa, kabupaten dan moto desa : Dalam usaha kita untuk mewujudkan pembangunan masyarakat desa Satra menjadi lebih baik sudah semestinya didasari dengan hati nurani yang bersih dan sehat.

11. Warna dasar biru langit : selalu berpikiran positif, tenang dan sabar dalam setiap langkah atau tindakan dalam membangun desa.

12. Warna hitam : Warna Dewa Wisnu (kebijaksanaan) artinya dalam usaha kita untuk membangun desa dan masyarakat, kita harus dapat merangkul segala bentuk perbedaan yang ada menjadikan satu kesatuan yang utuh, adil dan merata.

 

MOTO DESA SATRA "KIRTI YASA HAYU SANTOSA" : maknanya bersama mengabdi dan membangun desa dengan pikiran dan hati yang bersih guna terwujudnya masyarakat desa yang bahagia, sehat dan sejahtera.

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


 Pengaduan Online

 Peta Desa

 Statistik

 Aparatur Desa

 Sinergi Program

Prodeskel Pajak Online

 Media Sosial

 Agenda

Belum ada agenda

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:44
    Kemarin:452
    Total Pengunjung:534.854
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:192.168.10.4
    Browser:Tidak ditemukan

 Komentar