Pengrajin Bingkai Foto dan Album di Desa Satra

Administrator Berita Desa

Menyusuri Kabupaten Klungkung daratan tidak hanya sebatas objek wisata yang sudah terkenal seperti Kertha Gosa dan Kamasan. Hal menarik lain adalah menengok jejak kerajinan bahan alam yang masih tersisa di Kabupaten Klungkung, yakni di Desa Satra. Desanya cukup sepi, plang rumah para pengrajin pun tidak ada.

Umumnya hasil kerajinan berupa bingkai foto yang dihiasi dedaunan alami. Bahan alam tersebut berupa dedaunan yang menghiasi kerajinan ini. Tak hanya bingkai foto, album foto dan notebook menjadi kerajinan yang biasa diproduksi pengrajin di Desa Satra. Bahan-bahan yang digunakan pun ramah lingkungan. Membuat notebook misalnya, cukup berbekal kertas daur ulang, karton dan daun-daunan. Daun yang biasanya digunakan adalah daun waru, kupu-kupu dan lamtoro. Selain itu ranting, pelepah pisang dan tali rotan digunakan untuk mempercantik tampilan notebook berbahan alami ini.

Satu dari pengrajin yang tersisa di Desa Satra adalah usaha keluarga Bapak Dewa Putu Marta dan istrinya Ni Nengah Metri. Bapak Dewa Putu Marta menjadi salah satu pengrajin yang tersisa di Desa Satra. Dulunya Desa Satra memang terkenal dengan kerajinan ini, namun pengaruh krisis dan bom Bali membuat pengrajin lain tumbang satu per satu. Mata pencaharian masyarakat desa yang terletak dekat dengan Jalan Bypass Ida Bagus Mantra ini pun beralih menjadi petani.

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini. Gunakan bahasa yang santun dan komentar baru terbit setelah disetujui Admin.

CAPTCHA Image
[ Ganti Gambar ]
Isikan kode di gambar

Pengaduan Online

Peta Desa

Layanan Mandiri


Silakan datang atau hubungi operator desa untuk mendapatkan kode PIN anda.

Masukan NIK dan PIN

Aparatur Desa

Perbekel Sekretaris Desa Kelian Banjar Dinas Kangin Kelian Banjar Dinas Kawan Kasi Kesejahteraan Kasi Pelayanan Admin Kaur Tata Usaha dan Umum Kaur Keuangan

Sinergi Program

Prodeskel Pajak Online

Info Media Sosial

Facebook

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Komentar Terkini