Usaha Loloh Cem-cem di Desa Satra

Administrator Berita Desa

Bali merupakan salah satu pulau yang sangat terkenal dengan keanekaragaman budayanya. Tidak hanya destinasi pariwisata, Bali Juga punya memiliki minuman tradisional yang khas, yang dikenal dengan jamu atau loloh. Salah satu loloh yang ada di Bali tepatnya di desa Satra yaitu loloh daun cem-cem. Usaha loloh cemcem ini adalah milik warga Dusun Kangin Desa Satra yakni Bapak Dewa Putu Nuarsa.

Loloh cem-cem bermanfaat bagi kesehatan dan memiliki khasiat menghilangkan panas dalam, tekanan darah tinggi serta melancarkan gangguan pencernaan. Melihat warnanya, sebenarnya loloh cemcem tak mengundang selera. Warnanya hijau alami, seperti jus sayur yang terlihat pahit. Apalagi jika tidak dikocok, serbuk ramuan loloh cemcem turun hingga ke dasar bawah botol. Uniknya ada serutan daging kelapa di loloh cemcem. Ketika dibuka, loloh cemcem memiliki sedikit aroma tumbuhan, dan rasanya sangat unik. Rasanya asam, manis, asin, dan sedikit pahit. Minuman ini mantap diminum dalam keadaan dingin dan langsung memberi sensasi segar. Memang rasa loloh cemcem terbilang unik, mirip jus tapi juga mirip jamu. Rasa asam dari loloh cemcem didapat dari komposisi tamarin alias buah asam. Kemudian rasa manis dan asin didapat dari komposisi gula juga garam. Sedangkan rasa pahit didapat dari daun cemcem.


Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini. Gunakan bahasa yang santun dan komentar baru terbit setelah disetujui Admin.

CAPTCHA Image
[ Ganti Gambar ]
Isikan kode di gambar

Pengaduan Online

Peta Desa

Layanan Mandiri


Silakan datang atau hubungi operator desa untuk mendapatkan kode PIN anda.

Masukan NIK dan PIN

Aparatur Desa

Perbekel Sekretaris Desa Kelian Banjar Dinas Kangin Kelian Banjar Dinas Kawan Kasi Kesejahteraan Kasi Pelayanan Admin Kaur Tata Usaha dan Umum Kaur Keuangan

Sinergi Program

Prodeskel Pajak Online

Info Media Sosial

Facebook

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Komentar Terkini